jump to navigation

Hati-Hati, Naik Motor Matic Lebih Gampang Ndlosor… December 13, 2012

Posted by Alfido™ in Safety Riding.
Tags: , , , ,
trackback

image

Bukan cuma sebuah tulisan, namun hal tersebut udah bener-bener saya alami bro… Bahkan udah 2x jatuh dengan pose yang sama :( … resiko terjadinya kecelakaan ringan atau berat akibat pemakaian motor matic lebih gampang terjadi daripada motor tipe lain.. Lho kok bisa mas? Bukanne matic itu nyaman?… Nah karena kenyamanan itu kita jadi nggak sadar akan resikonya :D

Karena kendaraan saya matic semua (kecuali sepeda saya :mrgreen: ) secara langsung saya sudah merasakan jatuh bangunnya naik motor matic,.. Kita lihat aja ukuran velg dan ban motor matic bro… Ukuran yang kecil, walaupun nggak sekecil matic-matic taiwan yang ukurannya 12 inchi namun potensi bahayanya cukup besar… Saat kita mengerem secara otomatis ban depan dan belakang wajib ngegrip di aspal/tanah, namun karena ukuran ban matic lebih kecil dan ringan, jadi gripnya pun kurang sempurna.. didukung dengan adanya pabrikan yang masih menggunakan ban kecil sebagai ban standar mereka serta efek engine brakes yang nggak ada… Potensi jatuh pun semakin besar… :( ..

image

Sudah 2x (hampir 3x) saya crash pake matic, kebanyakan adalah ndlosor ditengah jalan karena mengerem … yap, karena mengerem pelan pun jatuh bro… apalagi saat hujan ban terasa terombang-ambing terbawa licinnya jalanan… alhasil kita jadi gampang jatuh kapan saja…

Minggu kemarin temen kerja saya juga ndlosor saat naik vario 125nya karena angkot yang berhenti mendadak… dan karena reflek mengerem dengan rem depan (gerakan reflek) didukung engine brake yang loss… akhirnya, gubrakkk… tangan kiri temen saya retak saat jatuh karena terbentur menghentak aspal :( .. Akhirnya sekarang tangan kiri beliau digantung sebelah dalam tahap penyembuhan..

Pake ban standar pabrik aja mudah banget ndlosor, apalagi pake ban standar cacing :( ..

Sebaiknya kalo kita naik motor matic, usahakan mengerem dengan rem belakang bro.. kalo kurang pakem bisa ditambah rem depan dikit aja, jangan banyak-banyak… ya 70% rem belakang, 30% rem depan… kalo sampeyan punya motor yang CBS (Combi Brake System) kayak vario cbs & motor kymco lawas sebaiknya pake rem belakang aja… udah cukup kok bro… (imho)

Brrikut tabel pengereman yang bener dari situs suzuki:

image

image

Latihan ngerem dulu kalo baru belajar naik motor matic supaya nggak kenapa-kenapa dijalan, and jangan lupa berdoa :)

Hindari mengerem ketika sedang menikung. Mengeremlah sebelum memasuki tikungan

Kalo pengen naik yang lebih aman dan nyaman… Yuk kita minta alat & sistem transportasi ke pemerintah kita :D

Semoga kita semua dijauhkan dari musibah and celaka, amin…

Semoga berguna..

“Proud To Be Safety Biker”

Comments»

1. emir99 - December 13, 2012

Seram pancen :( hiiiiii…

Like

uban - December 13, 2012

kemarin ada kejadian pas maghrib,vario nabrak bak truk , truk itu mau putar balik posisi dah setengah badan,si cewe vario kenceng dr arah belakang ,tanpa suara tau2 Brraaakk..!!,tuh motor masih diri,tangan masih disetang,kepala&helm pecah,kedua tangan patah,temen mau nolongi kaga jadi,g berani & g tega kondisinya ky gitu..mgkn matic tll nyaman,suara halus jd kadang pengendara terlena,blm lg sambil smsan,helm diselipin hp waduh…cb liat pengendara matic cewepun kenceng2!! mgkn mmg harus dibatasi cc nya,matic mgkn hny cocok buat diperumahan g prl besar cc nya,yg penting nyaman..safety riding..

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Wah, ngeri banget mas… kasihan banget tu ceweknya :( … edukasi tentang cara matic yg bner harus disosialisasikan ke masyarakat supaya nggak terjadi kecelakaan-kecelakaan lg… amin

Like

guvron - April 28, 2013

Ini lebih kpd attitude kita serta pemahaman ttg mtr matic yg sangat minim, terutama perempuan, asal bs tarik gas udah dianggap bisa.. kalo sering jatuh saya yakin mrk blm pernah naik/ nyoba spd pancal..

Like

2. emir99 - December 13, 2012

Matic saking nyamannya, tangan kiri nganggur akhirnya buat smsan, belum lg ban diganti ban cacing (kurang grip), apalagi di depan mbonceng anak kecil.. Kita numpang beli rokok sebentar akhirnya si anak main buka grip gas dan…… Braaakkk !!! (Pengalaman teman)… :(
Pokoke kudu rajin berdo’a deh kalo brkendara..

Like

3. Apipblog.com - December 13, 2012

Bener sob, :-D
Lebih enak lagi 60 depan 40 belakang

Like

4. Rony - December 13, 2012

hmmm…nais inpo mas…matic ane bannya ane ganti pake tubeless yang ukurannya setingkat lebih besar biar lebih ngegrip…hehehehe

Like

5. rr150se - December 13, 2012

bener, sering banget ngeliat pengendara matic yg tiba2 jatuh sendiri. Kedua bebek walo jarang. Kalo motor batangan jarang banget, lebih stabil x ya.

Like

 - December 13, 2012

bukan karena stabil, motor batangan masih jarang yg make,,
dijalan emang paling banyak matic&bebek

Like

2in4 - December 13, 2012

pengguna motor batangan/vespa biasanya ridernya udah pengalaman dan bisa make semua jenis motor.

Like

Alfido™ - December 14, 2012

Jam terbangnya pasti tinggi itu mas, banyak pengalaman n skillnya mumpuni :D

Like

6. andhika - December 13, 2012

Memang matic susah berhenti.

Makanya menggunakan tapak lebar. Klo alay sih biasa nantang maut. hehehe

Like

7. bagas29ps - December 13, 2012

Ternyata naik matic susah juga yah?
Enakan naik motor kopling manual kalau kaya gitu :D

Like

8. Aa Ikhwan - December 13, 2012

jib ajib,..ti hati :D

Like

9. redbike92 - December 13, 2012

kumplit rek cara ngeremnya :D
mantap cak brow :D
tapi kita juga gak boleh panik berlebihan
soalnya menurut pengalaman saya
kalau panik malah lebih mudah ndlosor :D

Like

10. aanam - December 13, 2012

Secara ga langsung sistem pengereman CBS, membantu menghentikan laju motor secara stabil. Tapi apapun otornya, hati-hati itu mutlak

Like

11. yudha depp - December 13, 2012

photo atas sereeem banget
anak sekolahan di RRC tu
Matic yang nyeremin tu rem cakramnya
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/12/akankah-cb150r-menjadi-raja-baru.html?m=1

Like

Alfido™ - December 14, 2012

Cakramnya terlalu pakem, jadi bahaya :(

Like

12. 2in4 - December 13, 2012

bukan sok nih…. hanya sekedar berbagi :roll:

Pengguna NMP pemula (atau semua motor yg pke cakram belakang – pemula) juga kesulitan menghandling kendaraan saat mengerem di jalan basah karena akan terasa slip (nggleor). dapat diatasi dengan pengereman secara bertahap, tidak mendadak dan sedikit/secukupnya dengan memanfaatkan engine brake juga.
Penggunaan rem juga sebaiknya bergantian (menghindari jam(jem) cakram atau drum tromol) pada konsisi jalan kering.
Pada matic untuk mendapatkan engine-brake pada jalan menurun cukup digas lalu tutup gas (tergantung keadaan).

*) thanks sensor fotonya.

http://kphmph.wordpress.com/2012/12/10/opini-beli-oli-ganti-oli-2-solusi/

Like

Alfido™ - December 14, 2012

Makasih bgt info n tipsnya mas :D

Like

13. hampura - December 13, 2012

Belajar dulu …. :)
oleh karena itu kenapa di eropa wajib rem abs untuk motor …
kita harus asah feeling karena yg pake abs masih sedikit … yg jatuh di gambar itu kan pada pake ban cacing …. standar pabrik sih oke oke aja tuh turing luar kota …

Like

Alfido™ - December 14, 2012

Setuju mas, di eropa udah wajib abs… di negara kita asal bisa ngerem udah syukur :(

Like

ram - December 14, 2012

Sip Bro, cuma banyak yang salah kaprah, CBS pada motor di bilang ABS. Memang ada juga motor yang sudah ABS.

Like

14. brecel - December 13, 2012
Alfido™ - December 13, 2012

Sip, bener mas

Like

15. ipanase - December 13, 2012

pake ban cacing lebih aman lhoo, wwkwkwkwkkwkw :D
rem depan matic pakem je

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Aku pake ban cacing kebo :D

Like

16. Afif - December 13, 2012

Selain masalah rem, jaga jarak aman terutama ketika lagi ngebut. Waspadai angkot, bis, ato motor yg gak kasih sign waktu mau belok.

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Bener mas, angkot, bis, n truk cenderung agresif dijalan…

Like

17. pansek - December 13, 2012

saya gak biasa naik motor matc, klo mengendarainya pelan2 asal bisa jalan :)

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Saya baru naik matic juga 1,5 tahun yg lalu mas :D tp skrg tiap hari

Like

18. kasamago - December 13, 2012

tmbh lg bro, kemampuan observasi adny bahaya diskitar pengendara, jd dr kejauhan udah siap2 antisipasi.. istilahnya safety range.

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Wah, kyknya bisa dibahas nih… nanti saya cari ilmunya dlu mas. :D

Like

19. Agus Marciano Riyanto - December 13, 2012

Matic gak ada engine break ….saat deselerasi ! Rider hrs tau betul karakter ini …. Logikanya matic hanya untuk riding santai dan tak direkomendasikan untuk turing jauh dan jalanan naik turun kecuali rider yg pengalaman bkn pemula

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Bener banget mas agus… buat jarak jauh matic cenderung lebih bahaya, karena terlalu nyaman dan faktor tiadanya engine brake juga…

Like

axo92 - December 13, 2012

matic saya ada engine brakenya lho om.. :cool: :mrgreen:

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Lho masa sih? Klo vario cw temen saya kyknya ada tp dikit sih :roll:

Like

axo92 - December 14, 2012

kalo pengalaman di 2 matic yg ada di rumah sih ada engine brakenya semua.. ada mio 2007 sama skywave 2010.
apa mungkin karena perlakuan waktu reyen ya yg bikin ada engine brakenya? :roll:
tapi kalo iya, kan nggak mungkin semua matic reyennya gagal semua dong? :roll: :oops:

Like

20. erlangga yoga - December 13, 2012

pertama punya matik ane jg ndlosor gan, tau2 seerr mtr dah dibelakang :D
lsg bannya tak ganti lbh lebar naik 2 step skalian tubless….
justru klo matik porsi pengereman 60% belakang 40% depan kbalikan dg bebek dan sport …

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Iya mas,,, rem belakang berperan lebih besar buat ngehambat laju motor, kalo kita tarik rem depan mendadak n lebih dalem malah berpotensi ndlosor…

Like

21. maskojun - December 13, 2012

matic pengin ada engine brakenya :
1. pake kiss clutch (dari tech pulley), atau hit clutch dari dr. pulley di jamin engine brakenya manteb apa lagi pake per cvt keras.
2. bisa juga pake flying roller. ane pake di vario 125, engine brakenya lebih terasa dibanding roller standar…

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Beneran mas? Saya dlu pnh mau beli flying roller, tp masih ragu2 :D

Like

maskojun - December 14, 2012

bener gan. saya tadinya pake fr buat nambah akselerasi. malah dapat bonus engine brake. memang ga sepakem motor manual. lumayan bikin kampas rem irit…
*ane jarang sekali pake rem, kecuali mo berhenti aja…

Like

22. Ninoy - December 13, 2012

Pak RT, masalahnya – menurut ane- rem matic itu ga responnya ga sebagus motor type lain-bebek ato motor batangan- ga bis adiprediksi ketepatannya – ane pribadi lebih suka bebek..kita akan lebih tajem feelingnya tapi matic ..haduhh sering meleset padahal udah setaun pake metik..ampun dah.rada2 nyelonong..

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Soalnya nggak ada engine brake nya mas, jadi seringkali rem nggak pakem karena menahan berat motor yang nyelonong terus, dan rem depannya kadang juga terlalu pakem jadi rawan ndlosor…

Like

23. Ninoy - December 13, 2012

halah sori salah nyebut yang punya warung ..nyuwun pangapunteun :)

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Gpp kok mas :D

Like

24. trisnaariwibawa - December 13, 2012

sama gan ane pake matik agak ngeri gimana gitu..
http://trexton.wordpress.com/2012/12/07/merawat-motor-di-musimhujan/

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Kadang terasa kyk mau jatuh kalo ngerem mendadak y mas? Sama berarti :D

Like

trisnaariwibawa - December 20, 2012

iya gan, kurang mantap kalo ngrem mendadak :D

Like

25. hi hi hi - December 13, 2012

memang pake metik bahaya kalo full rum depan, apalagi kalo stang rada miring dikit. Tapi kadung keenakan naik matic males pake bebek apalagi koplingn.

Like

Alfido™ - December 13, 2012

Bener mas, terlalu nyaman jd lupa resikonya :(

Like

26. axo92 - December 13, 2012

jangan main salahkan motornya bro, motor nggak ngerti apa2..
harusnya yg naik yg bisa mengendalikan motor, bukan dikendalikan motor.
yg penting tu pembiasaan aja, ngerti bener kemauan motor.
daku aja sering rem mendadak pake rem belakang aja apa depan aja. kalo rem belakang sering sampe ngunci, asal kestabilan badan bagus cuma ngesot dalam keadaan lurus. jadi cuma seluncuran aja, nggak sampe ngepot.
kalo rem depan, nekannya di lepas-tekan-lepas-tekan berkali2 tapi temponya cepet. jadii kayak ABS manual gitu.. kalo ABS yg asli kan lepas-tekannya diatur modul, nah kalo ini pake feeling.
sebenernya naik matic tu asik bro, ada sensasi tersendiri yg nggak didapet dari motor jenis lain. bukan soal kemudahan karena matic lho..
pokoknya rasakan sendiri… :cool:

Like

27. vario125 - December 14, 2012

ikut nimbrung. jika dikaitkan dengan artikel di atas, rasanya naik motor, baik batangan, matic, bebek, biasa aja. yang penting si rider harus punya ‘feel’ tentang tunggangannya

saya kalo naik matic (vario techno 125), lebih sering kombinasi rem depan belakang. cuma komposisi rem depan lebih banyak dibanding rem belakang. malah kalo jalan pelan, rem belakang jarang dipake. ingat, ‘feel’ atas tunggangannya itu yang terpenting

Like

28. Neolize - December 14, 2012

lah, kok retaknya sama kayak ane
jalan kosong tiba” angkot belok seenaknya mau muter balik
alhasil jatoh kekiri, tangan patah ( di pergelangan tangan kiri bengkok)
pake vario125 juga

Like

29. aman - December 14, 2012

Berbagi pengetahuan saja..saat melakukan pengereman posisi badan cenderung berpindah kedepan yang mengakibatkan bobot badan kita juga berpindah kedepan, perpindahan bobot ini mengakibatkan tekanan di roda depan lebih kuat dari roda belakang,Tekanan lebih kuat sama dengan traksi/daya cengkeram ban belakang ke aspal lebih kuat. nah kalau daya cengkeram ban depan lebih kuat dari belakang maka untuk menghentikan laju motor secara efektif harusnya rem depan ditekan lebih kuat dari rem belakang, jika kita melakukan sebaliknya , pengereman belakang lebih kuat maka akan sia-sia karena cengkeraman ban belakang ke aspal tidak kuat yang mengakibatkan ban belakang kehilangan cengkraman / traksi dengan aspal, bila hal tersebut terjadi maka kita akan sulit untuk mengendalikan bagian belakang motor nextnya pengendara akan terlempar dari kendaraan. tapi yang perlu diingat saat melakukan pengereman depan gunakan teknik meremas tuas rem yakni di mulai dari kelingking, jari manis, tengah dan telunjuk secara berurutan dengan teknik ini motor akan berhenti secara halus tanpa adanya hentakan yang bisa menyebabkan kita jatuh. semoga bermanfaat. 70 depan 30 belakang tidak berlaku saat musin hujan.

Like

30. shogun110tromol - December 18, 2012

dalam kasus motor matik, tetep rem depan yang berpengaruh saya rasa, kecuali kalo motor mas chopper yang dominan rem belakang…..

*solusinya adalah kocok rem dan throttling yang bener. Kalo pake rem belakang dominan yang ada ntar ngepot. Rasionya tetep sama dengan bebek, 70 : 30.

Like

31. titok - December 22, 2012

yup…terlepas dr sk pasang ban cacing (penyumbang jatoh)
motor matic resiko jatuh lbh besar,,karna mesinnya yg harus pantengin gas jika belok…nah parahnya lagi kbanyakan kl belok gunaen rem depan (kbiasaan dimotor manual)…baegna rem belakang ; )

Like

32. TRIATMONTOK - December 24, 2012

paling pakai ban cacing, jadi gampang ndlosor.. kalo ban standar ya gak mungkin

Like

33. ulul - March 7, 2013

Saya juga mengalami nasib seperti anda 2 kali ndlongsor dijalan pakai motor matic .saya alami di tahun 2001 dan barusan hari kemarin.Penyebabnya sama jalan yang baru diaspal yang masih berpasir,dan pengereman mendadak rem belakng kurang berfungsi jadi saya mainkan 70% rem depan 30 % rem belakang.dengan resiko langsung dlongsor diaspal.pakai ban standart mio j.BERHATI HATILAH DAN JANGAN MENGEBUT di JALAN yang masih baru habis diaspal.Tetap gunakan formasi 70% rem belakang 30% rem depan.WASPADALAH !!!

Like

34. aistianto - April 2, 2013

Pengalaman.
Yamaha mio oleng gara2 rem depan 1x lokasi di cibinong bogor.(pakai motor teman) 02-2013.
2011 di kawasan foresta BSD CITY tangerang karna jalan yang lebar lurus dan kosong ane laju dgn kecepatan 98km/h
Jarak 200m ada pengendara mio juga,setelah jarak kurang lebih 15 meter ane siap nyelip dari sebelah kiri karna tu motor jalan ada di tengah sebelah kanan ane kira tu moror mau putar arah karna -+20 ada perboden.eh gak taunya tu motor ngerem mendadak mau belok kiri dan tu motor udah malang di tengah jalan baru sen nyala wLaupun pertigaan arah masuk kampung dah kelewat sekitar 5 meteran.
D aa n ahirnya brwaaak,,,!tu cewe dan cowo mental sekitar 3meter dari motornya.motor yg ane kemudi sempat berdiri tegak.tp anehnya ane dan temen yg ane boncengin kaga jatoh.tp sayangnya bagian depan mio yg ane kendarai dari lampu bodi spakbor hancur.mana yg ini jg motor teman lagi,,,,,
hahaha.

Bebek

Di taman techno BSD CITY hampir jatoh gara gara mobil di depan ane ngerem mendadak.
Di gunung sindur bogor ane nyalip truk bawa tanah eh motor revo nyebrang jalan.krosak nabrak lagi dah. Tp aman ane kagak jatuh lagi,mungkin karna aku orangnya kurus tinggi kalau motor oleng kaki bisa langsung turun ke aspal.jadi motor nggak roboh.

Tips buat anda:
Jangan terlalu dekat dgn jarak kendarar di depan anda,minimal ambil jarak 10meter
Jgn suka bunyiin klakson kar bikin kaget pengendara di drpan anda.
Jangan nyalain lampu sen karna bikin grogi pengendara lawan arah anda.kurangi kecepan minim 30 meter kalau mau belok kanan maupun kiri.
Nyalakan lampu sen minim 15 meter sebelum belok.
Jalan yang teratur jgn suka ambil jalan orang lain,karna membahayakan orang lain.
Kendalikan motor anda jangan sampai motor tg mengendalikan anda.
Patuhi rambu2 lalu lintas

Like

35. rizza - May 16, 2013

Ane takut pake motor matik gara-gara sering liat yang celaka pake matic…
bahkan di pinggir saya sndiri motornya brantakan orangnya masuk selokan, ane ga tega nolongin maju aja terus ga tega lihat orangnya…

Like

36. Rachmat Fauzy - May 18, 2013

tergantung yang bawa gan an aman2 aja yang penting tahu pengetahuian motor cek terutama rem, klo abis naik pangkat dari sepeda ontel ke motor ya gitu, apalagi manual ke matic, apalagi anak ABG sekarang bwa nya kyk setan tu jalan punya embahnya kali ya, intinya berkendara itu harus sabar toleransi sesama pengendara lainya..CMIIW

Like

37. gueloch - July 20, 2013

12. 2in4 – Desember 13, 2012

bukan sok nih…. hanya sekedar berbagi :roll: … … …
——————————————————————————
sorry bos ente emg sotoy
mang ad matic enjin brake na?… ihi hi3

Like

38. UDAY - July 23, 2013

MAKANYA BELI MATIC SUZUKI HYATE….STABIL, PENGEREMAN OKE…BAN RG 16

Like

39. xp - August 28, 2013

naik motor jatuh………………….
bukan karna motornya…………
pabrikAn sudah merancang sedemikian rupa untuk kenyamanan
dan keselamatan pengendara,
semua terjadi di karenakan pengendara itu sendiri(apalagi orang kita yang identik teledor+tidak taat rambu2+minim kesadaran daaannnnn dapat “S.I.M” NEMBAK

Like

40. Trisna - October 3, 2013

Trimakasih informasinya, berdasarkan pengalaman saya, memang begitu, saya juga pernah jatuh krn motor metik, rem di jalan menurun, ban gleoran dan gubrak deh….

Like

41. Taufik - October 11, 2013

Jangan salahin motornya dunk….kembali ke pengendaranya..perhatikan jarak iring..kondisi jalan…atur kecepatan…ane juga pemakai metik..aman2 aje bro n sis..

Like

42. faizlc4v - November 7, 2013

qu jg pernah jatuh naik matic vario biasa.jatuh pas tikungan,kondisi grimis motor tak bisa ku kendalikan.akhirnya nabrak motor depanku.
tp skrng ku pake vario wtf iss yg udah cbs,lebih nyaman pake combi break…

Like

43. majorfebrian - December 24, 2013
44. heri - February 1, 2014

saya ga mau beli matic salah satunya karena takut kalau gasnya ngegas sendiri, soalnya saya pernah pake bebek, sering dirawat, habis servis, masih bagus, trus pas jalan tiba-tiba nge gas sendiri, untung masih bisa di kopling kaki, la kalo terjadi pada matic?

Like

45. syamsudin - March 10, 2014

betul gan.. jujur aje ane kalo naik motor matic bawaannye parno soale ane juga pernah jatoh bonceng temen pula lagi sampe nyrosot gitu kaya di moto gp hehehehehe…. uda gitu motor yang ane kendarain itu motor temen yg ane boncengin, aduhh ane jadi makin gag enak dehhh…

Like

46. ded - April 25, 2014

dari semua jenis motor saya sudah pernah coba buat harian,emg matic paling nyaman tapi soal keamanan matic paling menakutkan.

Like

47. seamfirdauz - April 28, 2014

wah makasih nie gan info nya…
berguna banget bagi para rider..
terutama yang suka berkendara matic..

saya juga pake matic vario 110cc..
saya juga pernah mau nabrak pass di lampu merah bekasi yang deket terminal bekasi..
ke jadian nya kemaren …
saya lagi ngebut baa motor nya…
saya gak tau kalo abis flayover bekasi ada lampu merah…
saya ngerem nedadak 60% depan 30% belakang..
tapi gak ke tahan laju motor saya..
iya udah saya tancap gas lagi aja…
keadaan saya lagi bawa jarak tempuh 100kmm/h dan keadaan lagi lampu merah..
tapi untung nya gak ada polisi sih..hhe
tapi saya jadi merasa bersalah…
jadi merugikan keselamatan orang laen.. :/ :(

Like

48. aziz rumbaka - May 8, 2014

wah, terimakasih atas pencerahanya sekarang saya mau mikir 2x kalau mau beli motor matik dan sekarang saya lagi mengincar YRZ Yamaha 15

Like

49. maximumligerie - May 20, 2014

ppalagi kalo jalan yang kagak rata (khususnya trek tanah bergelombang)…deg-degan…dan akhirnya..ndlosor.. tp untung tanah..bukan aspal..jadi gak sampe luka.
matic memang mudah oleng karena kurangnya distribusi berat pada sektor depan dan sangat terasa saat ngebonceng..distribusi berat belakang jadi berlebihan…belum lagi sokbreker yg cuma sebiji.

Like

50. salamah - May 22, 2014

Saya jadi bingung, nich…matic banyak resiko, tapi kenapa banyak yg pakai??!!

Like

51. gaplek mania - June 13, 2014

komen ah..post lawas iki
sebenernya salah satu faktor penyebab kecelakaan rider kurang menyatu dengan motornya ..asal gas doang.harusnya rider tahu ketika direm begini motor akan begitu ..dan kurang jam terbang juga sih..apalgi emak2

Like

52. Hasanov Fauziyev - June 30, 2014

Bukan salah motornya, tapi orangnya… Saya pake Nouvo lele dari tahun 2005 . Tahun 2009 baru pernah nabrak tapi di rumah sendiri. Terakhir nabrak sampai hancur tamengnya tahun 2012 dan akhirnya baru saya jual tahun ini (2014). Itu buktinya motor matic saya bertahan cukup lama (9 tahun).
Adapun tulisan dalam posting ini menurut saya sih biasanya yang pake matic itu orang yang kurang mahir naik motor konvensional. Harus pindah-pindah gigi lah, bahkan kebanyakan perempuan nggak tahu kapan pindah ke gigi rendah atau ke gigi yang tinggi, apalagi harus narik kopling segala. Lha orang yang naik matic karena alasan inilah yang umumnya asal bisa melintir gas dan motornya jalan sudah merasa bisa. Sayangnya jarang sekali yang mempelajari bagaimana ngeremnya. Benar kata pelatih setir saya : jangan terlalu cepat karena semua orang pasti bisa ngebut, tapi jarang yang bisa nyetir pelan-pelan.
Yang penting hati-hati lah di jalanan, berdoalah sebelum memulai perjalanan, taati rambu-rambu lalu lintas, gunakan pengamanan yang memadahi, jaga jarak antar kendaraan dan ingatlah bahwa di jalanan kita tidak sendirian, banyak pamakai jalan yang lain

Like

53. satellite phone - July 4, 2014

I enjoy what you guys are usually up too. This type of clever work and reporting!

Keep up the very good works guys I’ve incorporated you guys to my blogroll.

Like

54. Toko Buku Import Amazon - July 15, 2014

Toko Buku Import Amazon

Hati-Hati, Naik Motor Matic Lebih Gampang Ndlosor… | Alfido.com

Like

55. choy - July 25, 2014

bisanga sih, vario techno, di rubah jadi CBS?

Like

Alfido™ - July 25, 2014

Cbs itu remnya aja yang beda mas.. bisa tapi agak susah ngakalinnya

Like

56. RAFI - August 11, 2014

waduh..ngeri juga ya..ternyata kalo pake ban kecil..apalagi yg ukuran 17 pengalaman :
waktu itu sih sy sama temen sy mau ke kuningan di cirebon,pas lg turunan lupa ngerem didepan ada mobil..oleng deh tuh..motor..brrwakakk..!! temen sy jatoh..mukanya gk keruan tuh..( bukan pecah and mati ) sementara sy ngedempet di ban mobil tulang kaki patah.. itu pengelaman sy paling parah..
waktu itu sy pake motor fino. hahaaaha
#nanya kalo mesin diganti misalnya yg berapa cc bisa bahaya nggak tuh?

Like

57. list of job boards - September 20, 2014

I was recommended this web site by my cousin. I am no longer positive whether or
not thks put up is writte through him as no one else recognize such certain approximately my difficulty.
You’re amazing! Thank you!

Like

58. Balanja Chantiq - September 25, 2014

attitude pengendara juga sebenarnya mempengaruhi : udah sejiwa sama matic-nya belum ? udah paham safety ride ? gimana toleransi dgn sesama pengendara di jalan ? kalo semua yg pake tanda tanya itu dipahami dengan baik dan bener, insya Allah selamat di jalan :)

saya pribadi lebih suka matic, karena enak buat bawa barang dan simpel.

kalo masalah nge-rem, saya biasa lepas gas dulu baru tarik rem belakang pelan-pelan. ngendarain apapun kudu waspada dan kita berkendara bukan di arena balap tapi jalan umum :)

Like

59. Meme Bbm Naik - My Blog - November 20, 2014

[…] Hati-hati, naik motor matic lebih gampang ndlosor […]

Like

60. johannes - January 23, 2015

Bukan rem yg disalahkan tapi kesadaran manusia dalam berkendaralah yang harus ditingkatkan… Sudah benarkah saya berkendara? Kadang kala kebodohan pengemudi motor yang menyebabkan dia sampai crash or terjatuh saat berkendara… Jadi waspadalah….

Like

asoygeboy - February 15, 2015

Setuju..ama komen yg di atas jgn salahin motor ato rem nya..ane udah 2x pake motor matic..dari vario 110 ampe sinyaman spacy fi..gada masalah..asal kitanya ati2..dan pinter2 ngerem motor di trek basah/berpasir..pake metik tu yahuud..gak cape oper oper gear..

Like

61. Meme Bbm Naij | Kumpulan Cara dan Pengetahuan - February 26, 2015

[…] Hati-hati, naik motor matic lebih gampang ndlosor […]

Like

62. Hfhffhhg Dghtgjiugde - February 27, 2015

Motor jenis apaun sm sj asal kita waspada dan teliti insyallah selamat

Like

63. Meme Dukung Bbm Naik | Kumpulan Cara dan Pengetahuan - March 3, 2015

[…] Hati-hati, naik motor matic lebih gampang ndlosor […]

Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,589 other followers

%d bloggers like this: